Mobil hybrid adalah mobil yang berjalan dengan dua
sumber tenaga, mesin yang berjalan dengan minyak dan motor yang
berjalan dengan tenaga listrik. Mesin hybrid berjalan dengan kombinasi dua
tenaga tersebut.
Kenapa harus dengan dua mesin? dengan digunakannya dua sumber tenaga tersebut, mobil hybrid dapat memanfaatkan mesin bertenaga bensin dan motor bertenaga listrik dengan baik. Artinya, kombinasi dua teknologi tersebut dapat menghasilkan emisi gas buang CO2 yang lebih sedikit hingga sangat ramah lingkungan.
Kenapa harus dengan dua mesin? dengan digunakannya dua sumber tenaga tersebut, mobil hybrid dapat memanfaatkan mesin bertenaga bensin dan motor bertenaga listrik dengan baik. Artinya, kombinasi dua teknologi tersebut dapat menghasilkan emisi gas buang CO2 yang lebih sedikit hingga sangat ramah lingkungan.
Mobil
hybrid menggunakan kombinasi dari motor listrik dan pembakaran di mesin, dengan
memaksimalkan kekuatan dari kedua sumber daya tersebut disamping saling mengisi
kekurangannya. Hasilnya adalah efisiensi konsumsi bahan bakar dengan performa
yang luar biasa.
Secara garis besar ada tiga tipe dari Sistem Hybrid. Yang pertama adalah Series Hybrid System, kedua Parallel Hybrid System, dan ketiga Series Parallel Hybrid System.
Series Hybrid System
Parallel Hybrid System
Series Parallel Hybrid System
Fitur Utama Mobil Hybrid
- Efisiensi
Bahan bakar yang lebih besar
Sistem Hybrid yang menggabungkan motor listrik dan pembakaran di
mesin menghasilkan tenaga yang berasal dari dua sumber daya. Ini berarti bahwa,
mesin pembakar internal membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih sedikit untuk
mencapai jarak yang sama. Berarti, kendaraan Hybrid memiliki efisiensi yang
lebih baik jika dibandingkan dengan mobil konvensional.
- Emisi
yang lebih rendah
Karena konsumsi bahan bakar yang efisien, mobil hybrid
mengeluarkan lebih sedikit emisi gas buang dibandingkan dengan mobil
konvensional, dan ini yang membuat mobil Hybrid lebih ramah lingkungan.
- Pengurangan
energi yang terbuang dan regenerasi energi
Energi yang biasanya terbuang menjadi panas pada saat dikendarai,
pengurangan laju dan pengereman diubah sebagai tenaga listrik, yang kemudian
digunakan kembali untuk memberikan tenaga ke motor elektrik. Hal ini membuat
mobil Hybrid menjadi lebih efisien. Sistem ini juga didesain seefektif mungkin
dimana aki diisi dari berbagai tingkat pergerakan kendaraan. Karena mobil
hybrid bersifat menghasilkan ulang (tenaga), maka ia tidak membutuhkan
pengisian ulang dari sumber eksternal.